Beginilah Cara Newbie Membuat Blog Gratis di Blogspot

Bila kita sengaja cari tahu bagaimana cara membuat blog gratis, maka mbah Google akan mengeluarkan hasil penelusuran yang sangat banyak bahkan sampai puluhan juta konten tutorial tersedia. Tutorialnya pun bervariasi mulai dari situs newbie sampai situs ahli atau pakarnya. Untuk mengetahui sampai bisa mempraktekkannya kadang-kadang tidak cukup satu refrensi atau tutorial yang perlu kita ikuti. 

Demikian halnya admin sebagai newbie dalam dunia blog, belum banyak mengetahui seluk beluk dalam pembuatan sampai pengelolaan sebuah blog. Namun berkat banyaknya artikel tutorial yang tersedia dan support dari platform gratis seperti Blogspot atau WordPress memberi peluang bagi para newbie bisa bereksplorasi untuk membuat sebuah blog gratis. Mengapa Blogspot atau WordPress? Karena kedua platform ini gratis dan banyak digunakan terlebih bagi para newbie serta tidak harus menjadi seorang programmer atau ahli coding untuk bisa mempelajari dan memahami cara pembuatan sebuah blog. 

Nah sobat, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara pembuatan blog gratis di Blogspot sebab blog admin ini pun masih menggunakan blog gratisan (selaininfo.blogspot.com) serta artikelnya pun masih terhitung dengan jari tangan (itupun masih satu tangan, he he he). Jadi kalau sobat tanya mengenai cara pembuatan blog gratis pada platform WordPress auto admin belum paham. 

Sebelumnya apa sih maksud atau tujuan membuat sebuah blog. Tujuan pembuatan sebuah blog tergantung dari masing-masing blogger maunya jadi seperti apa. Bisa sebagai tempat atau media mengeluarkan pendapat atau opini, bisa sebagai media untuk menjual produk, media untuk membangun jaringan atau relasi, membangun kepercayaan, bisnis, bahkan bisa sebagai media untuk menghasilkan uang secara online. 

Kemudian apa yang harus kita persiapkan untuk bisa membuat atau membangun sebuah blog di Blogspot? Pertama yang harus kita buat adalah alamat email di Google Mail (Gmail). Mengapa harus di Gmail? Karena Gmail dan Blogspot merupakan produk dari Google. Secara sama-sama produk Google akan memberikan banyak fitur dan manfaat dari Google seperti Adwords, Adsense, dan Analytics sehingga sangat berguna bagi para blogger newbie. 

Bila sudah memiliki alamat email, maka selanjutnya buka www.blogger.com dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. 

Selanjutnya klik Buat Blog, akan muncul halaman Pilih Akun

Pada tahap inilah dibutuhkan alamat email yang sebelumnya sudah kita buat di Google Mail. Kemudian kita pilih akun atau email yang mana (bila akun yang tampil lebih dari satu email) mau kita gunakan untuk pembuatan blog. Pada contoh ini admin gunakan ruanginfoo@gmail.com dan muncullah halaman pembuatan nama untuk blog kita. 

Nama yang kita buat sekaligus merupakan Judul yang akan tampil pada bagian atas blog kita dan dalam hal ini admin buat nama atau judul blog sebagai Ruang Info lalu kita klik perintah BERIKUTNYA dan akan muncul halaman pembuatan URL

Pada halaman ini kesabaran kita sedikit diuji, mengapa demikian? Yang namanya blog gratisan belum tentu alamat URL yang kita harapkan masih tersedia. Sehingga harus mencoba beberapa kali dengan nama yang berbeda beda sampai ada keterangan “alamat blog ini tersedia” persis di bawah nama URL yang kita buat. Tentunya nama URL yang kita pilih paling tidak ada kesesuaian dengan nama atau judul blog kita. Pada halaman ini admin pilih alamat URL selaininfo.blogspot.com karena alamat ini masih tersedia dengan kata lain belum ada orang lain yang memakai alamat tersebut. Coba perhatikan sobat, Judul yang admin buat adalah Ruang Info tetapi alamat URL nya selaininfo.blogspot.com. Sebetulnya admin menginginkan alamat URL nya adalah ruanginfo.blogspot.com namun alamat tersebut tidak tersedia alias sudah ada yang pakai. OK setelah itu kita klik perintah BERIKUTNYA dan akan muncul halaman konfirmasi nama blog yang akan ditampilkan kepada pembaca

Pada tahap ini admin pilih nama Ruang Info lalu klik SELESAI dan akan keluar halaman notifikasi dengan background berwarna kuning, klik saja tanda X yang artinya kita sudah berada pada sebuah blog baru namanya Ruang Info dengan alamat URL selaininfo.blogspot.com. 

Nah sobat, demikianlah cara admin yang masih newbie dalam membuat sebuah blog gratis di platform Blogspot. Selanjutnya bagaimana cara membangun sebuah blog tergantung dari masing-masing para blogger. Admin akan berbagi cara atau tutorial yang admin ketahui untuk membangun sebuah blog gratis pada artikel berikutnya. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi para newbie, terimakasih.<>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel